Ikan Hias

Memiliki akuarium di rumah memang memberikan suasana yang berbeda. Terlebih jika ikan hias tersebut dapat menambah cantik tampilan dari akuarium. Ikan hias memang memiliki corak dan bentuk unik yang membuat banyak orang senang untuk mengoleksinya.

Ikan Hias Air Tawar

Walaupun sebenarnya tidak mudah untuk memelihara dan merawat ikan hias air tawar, namun sebenarnya tidak terlalu sulit jika anda mengetahui bagaimana cara untuk memeliharanya.

Jika proses perawatannya benar maka ikan hias air tawar akan bisa hidup lebih lama. Nah, Berikut adalah beberapa jenis ikan air tawar yang bisa kamu jadikan ikan peliharaan.

1. Arwana

Ini adalah salah satu jenis ikan yang sebenarnya memiliki banyak nama lain diantaranya adalah ikan naga, payung hingga kayangan. Dan ciri khas utama dari ikan ini adalah memiliki tubuh yang besar dengan sisiknya yang mengilat.

ikan arwana

Ada banyak jenis ikan arwana yang cukup populer diantaranya adalah ikan silver, ikan super red dan ikan golden red.

Ikan Arwana

2. Black Ghost

ikan black ghost

Selain black ghost ikan ini sering juga dikenal dengan ikan penari balet. Alasannya karena ikan ini sering melakukan gerakan maju mundur, jungkir balik dengan sangat lentur.

Ikan Black Ghost

 

3. Botia

ikan botia

Ikan yang saat ini banyak diincar oleh pecinta ikan hias saat ini karena memang memiliki tampilan yang sangat luar biasa unik. Ada beberapa jenis ikan botia yang saat ini cukup popular diantaranya adalah botia macan, badut, morleti hingga india.

Ikan Botia

 

4. Cere

Ikan Cere

Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui ikan ini saat masih kecil dan sering menangkapnya. Ikan ini memang sangat sering anda temukan di selokan dan got. Namun belakangan ini ikan cere cukup banyak diminati untuk ikan hias di akuarium.

Ikan Cere

 

5. Cupang

Ikan Cupang

Dari beragam jenis ikan hias di indonesia, cupang adalah salah satu ikan yang sangat popular. Jika anda tertarik maka anda bisa dengan sangat mudah menemukannya di toko penjual ikan. Untuk proses pemeliharaannya juga sangat mudah.

Ikan Cupang

 

6. Discus

ikan discus

Sebenarnya habitat asli dari ikan hias discus ini adalah kawasan Sungai Amazon, Brazil. Uniknya, bagian garis dari tubuh ikan ini digunakan untuk pertahanan dirinya terhadap ikan predator.

Ikan Discus masuk golongan high class, tidak heran karena tampilannya yang sangat sempurna ikan ini memiliki harga yang juga sangat tinggi.

Ikan Discus

 

7. Gabus

Ikan Gabus

Ikan ini lebih dikenal sebagai ikan konsumsi. Namun belakangan ini ikan gabus menjadi ikan hias. Harganya juga mulai melambung tinggi karena memiliki warna, corak, mentalitas hingga sirip yang sangat bagus.

Ikan Gabus

 

8. Guppy

Ikan guppy

Daya tarik utama dari jenis ini adalah karena warnanya yang sangat indah dengan bentuk siripnya yang cukup memukau. Untuk perawatannya juga sangat mudah hanya perlu akuarium kecil tanpa oksigen.

Ikan Guppy

 

9. Koi

Ikan koi

Ikan Koi menjadi salah satu ikan yang paling banyak dipelihara. Warnanya yang khas dengan gradasi warna merah, putih, hitam dan kuning menjadi daya tarik utamnya sehingga membuat banyak orang yang menyukainya.

Ikan Koi

 

10. Koki

ikan koki

Selain ikan koi, ikan koki juga memiliki nasib yang sama karena termasuk dalam kategori ikan paling populer dan eksklusif karena tidak bisa hidup dengan ikan lainnya. Karena ikan ini membutuhkan banyak oksigen untuk hidup.

Ikan Koki

 

11. Komet

Ikan komet adalah salah satu ikan varian dari koki tertua yang sangat terkenal. Ikan ini banyak dipilih sebagai ikan hias karena memiliki bentuk dan warna yang sangat cantik.

ikan komet

Walaupun memiliki pola dan warna yang sangat bervariasi, namun sebagian besar ikan ini berwarna kuning dengan jingga dan putih.

Ikan Komet

12. Louhan

ikan hias dengan ciri khas memiliki jenong di kepala ini memiliki harga yang sangat fantastis terutama untuk ikan yang memiliki corak unik di tubuhnya.

ikan louhan

Selain itu, besarnya jenong akan sangat menentukan harga dari ikan unik ini. Ikan ini memang sangat agresif terhadap ikan lain.

Ikan Louhan

 

13. Manfish

Ikan Manfish adalah jenis ikan hias air tawar yang memang sangat sering ditemukan. Ikan ini mudah dipelihara karena bisa dicampur dengan jenis lainnya dalam akuarium.

Ikan Manfish

Ikan dengan memiliki badan pilih dan sirip memanjang ini memiliki banyak sekali pilihan warna. Dengan memiliki harga yang murah, ikan manfish bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin memelihara ikan.

Ikan Manfish

 

14. Molly

Ikan molly adalah salah satu jenis ikan hias yang memiliki keunikan pada bagian bentuk tubuhnya yang gendut dan agak pemalu.

Ikan Molly

Walaupun memiliki tubuh gendut, ikan ini sangat gesit. Ikan Molly masuk dalam kategori ikan bergerombol dan jumlah kecil.

Ikan Molly

 

15. Neon

ikan neon

Ikan neon adalah salah satu ikan hias yang bisa memancarkan cahaya kebiruan. Ikan hias ini membentuk sculling atau gerombolan. Dengan sisik dalam neon membuatnya bisa mengeluarkan cahaya.

Ikan Neon

 

16. Oscar

Ikan Oscar

Ini adalah salah satu ikan yang dikategorikan sebagai salah satu ikan hias yang tidak ramah dengan ikan jenis lainnya karena sangat agresif.

Walaupun demikian tampilannya yang elok tentu saja tidak bisa dibohongi. Bahkan ikan ini bisa hidup 10 hingga 12 tahun lamanya.

Ikan Oscar

 

17. Parrot

Ikan parrot dikenal juga dengan nama kakatua karena memiliki bentuk mulut yang tampak mungil.

ikan parrot

Uniknya ikan ini menjadi pilihan karena memiliki warna yang spesial dan sifatnya yang bisa terkendali sehingga sangat mudah untuk berbaur dengan ikan lainnya dalam satu akuarium.

Ikan Parrot

 

18. Pedang

ikan pedang

Ini adalah salah jenis ikan yang paling sering ada di pasaran. Ikan ini memiliki warna yang terang dengan ujung ekornya memiliki pedang sehingga membuatnya tampak lebih eksotis.

Ikan Pedang

 

19. Platy

Ini adalah salah satu jenis ikan hias yang sebenarnya memiliki banyak jenis warna. Selain cantik, ikan ini juga sangat mudah untuk dirawat.

Ikan Platy

Karakter dari ikan ini suka bergerombol. Platy juga sangat ramah dengan ikan air tawar lainnya.

Ikan Platy

 

20. Ringau

Ini adalah ikan yang cukup menjadi primadona saat ini. Ikan yang memiliki tubuh belang ini mungkin memang agak asing untuk sebagian orang.

ikan ringau

Ikan yang berasal dari kalimantan ini dikenal dengan mana Tiger Fish dan memiliki keunikan karena memiliki corak warna yang mirip dengan hewan harimau.

Ikan Ringau

 

21. Sili

ikan sili

Ikan sili adalah salah satu jenis ikan hias yang memiliki ciri badan panjang seperti belut dan berduri, Ikan ini berasal dari sungai, namun karena jumlahnya makin sedikit ada banyak orang yang akhirnya menjadikannya ikan hias untuk dibudidayakan.

Ikan Sili

 

22. Sumatra

Ikan sumatra

Ikan Sumatra biasanya lebih dikenal dengan nama Tiger Barb ini adalah salah satu jenis ikan yang memiliki warna yang sangat menarik dan tingkahnya benar -benar sangat aktif.

Memiliki bentuk tubuh pipih, bulat dan agak tinggi sehingga ada banyak orang menyukai jenis ikan hias ini.

Ikan Sumatra

 

23. Ikan Naga

Ikan Naga Albino

Sesuai namanya ikan hias predator ini memiliki ciri fisik memanjang menyerupai naga dari segi sirip sampai ekor. Berbeda dari ikan hias lainnya sebab keunikan sisik inilah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Ikan Naga

 

Peluang Budidaya Ikan Hias?

Sebenarnya selain sebagai hobi yang sangat menyenangkan, budidaya ikan hias juga bisa memberikan anda penghasilan yang sangat menguntungkan. Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan karena bisnis ini tidak membutuhkan lahan yang besar dan hanya bermodalkan akuarium saja.

Bentuknya yang sangat beragam dan warna yang sangat cantik menjadikannya daya tarik untuk masyarakat yang ingin memeliharanya.

Ada banyak pecinta ikan hias yang bahkan mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah hanya untuk melengkapi koleksi ikan hias.

Dan inilah menjadi salah satu peluang jika anda ingin budidaya ikan hias Ini adalah salah satu bisnis yang terlihat sangat menggiurkan, karena modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan anda hanya butuhkan keterampilan untuk proses perawatannya.

Bagaimana Membuat Kolam Ikan Hias?

Saat akan membudidayakan kolam ikan hias ada dua hal yang harus anda pertimbangkan diantaranya mempersiapkan tempatnya. Saat akan memulai bisnis yang berhubungan dengan ikan hias, maka mempersiapkan kolam ikan hias memang menjadi langkah penting yang harus dilakukan.

Berbeda dengan budidaya ikan lainnya yang harus memiliki lahan kolam, untuk budidaya ikan hias air tawar yang anda butuhkan adalah akuarium.

Akuarium Kaca

Untuk akuarium juga tidak perlu yang baru dengan harga yang mahal, anda bisa menggunakan barang bekas yang tidak bocor. Wadah yang digunakan ini untuk banyak fungsi mulai dari perawatan induk ikan, pemijahan, penetasan telur, pendederan, pembesaran hingga penampungan hasil.

Anda bisa menyesuaikan wadah dengan jenis ikan yang akan dibudidayakan, dan termasuk juga berapa ukuran dari tubuh ikan hias ini. Ikan hias memiliki ukuran yang berbeda.

Selain itu, harus anda pahami hal lain yang sangat berpengaruh dengan perkembangan ikan hias, adalah air, suhu, derajat keasaman, kandungan oksigen dan kecerahan. Nah untuk bagian ini anda harus memahami jenis ikan hias yang akan anda budidayakan dengan menyesuaikan juga wadahnya.

Bagaimana dengan Makanan ikan Hias?

Karena setiap makhluk hidup tentu saja membutuhkan makanan untuk bisa bertahan hidup tak terkecuali ketika anda budidaya ikan hias air tawar. Pakan untuk ikan hias sendiri terbagi atas dua yaitu pakan alami dan pakan buatan.

Pakan alami yang bisa diberikan adalah infusoria, kutu air, jentik nyamuk, cacing sutra, kodok, ikan kecil dan serangga.

Sedangkan untuk pakan buatannya anda bisa memberikan pallet dengan kadar protein yang memang sudah diatur sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan dari ikan yang akan dibudidayakan.

Cara Memelihara Ikan Hias

Untuk cara memelihara ikan hias ada beberapa hal yang harus anda ketahui diantaranya adalah :

1. Pilih Wadah Akuarium Yang Sesuai Ukuran Ikan

Sangat penting untuk anda menyesuaikan tubuh ikan hias dengan tempat hidupnya. Pastikan juga tempat hidupnya tidak bocor dengan membaginya ke beberapa tempat sesuai ukuran. Hal ini sangat penting dalam hal ini adalah ekosistem buatan berfungsi dengan baik dan benar dalam menampung air.

2. Jenis Ikan Hias Yang Akan Dipelihara

Sangat penting juga untuk mengetahui jenis ikan hias yang akan anda pelihara. Karena ikan hias yang agresif biasanya tidak bisa bergabung dengan akuarium yang sama ikan yang pemalu/agresif juga.

Karena biasanya akan terjadi penyerangan. Anda harus memahami jenis ikan dengan baik sehingga pemeliharaan ikan juga akan berjalan dengan baik.

3. Pisahkan Ikan Yang Tidak Sehat Dari Akuarium

Setiap makhluk hidup melakukan homeostasis dalam ekosistem mempertahan hidup. Nah jika ikan hias dalam keadaan tidak sehat, maka sangat penting untuk anda memisahkannya dengan akuarium lain sehingga tidak akan menular pada ikan lainnya.

Jangan mencampur juga ikan ukuran besar dan ukuran kecil dalam satu tempat.

4. Atur Arus Air

Ada beberapa jenis ikan hias yang harus memiliki arus air yang sama dengan habitatnya. Agar sistem pernapasan dan sistem peredaran darah ikan berjalan baik maka penggunaan filter air bisa menjadi solusinya

5. Gunakan Air Bersih

Salah satu cara ikan hias beradaptasi adalah ketika memiliki lingkungan yang baik. Air adalah komponen yang penting dalam hal ini. Untuk itu kualitas air yang bersih sangat berpengaruh dengan kelangsungan hidup dari ikan hias.

6. Beri Makan Teratur

Saat merawat ikan hias, maka anda harus memberikan makan secara teratur dengan komposisi yang pas. Hal ini agar tidak membuat akuarium mudah kotor. Jumlah makanan harus sesuai dengan jumlah ikan yang ada.