AST

Banyak kegiatan yang dilakukan oleh sebagian orang untuk meminimalisir stres akibat kegiatan atau aktivitas yang begitu padat menguras waktu, tenaga, dan juga pikiran. Mulai dari melakukan berbagai hobi, belanja, nongkrong, bahkan bermain dengan hewan peliharaan. Memiliki hewan peliharaan menjadi salah satu kegiatan yang termasuk unik dalam menghilangkan stres yang melanda.

Beberapa studi menyebutkan jika sekedar 10 menit berinteraksi dengan hewan peliharaan dampaknya cukup signifikan dalam mengurangi stres. Banyak sekali jenis hewan yang dapat anda peliharaan seperti kucing, anjing, binatang pengerat (hamster, tikus), reptil, hewan air dan tak lain dan tak bukan adalah kura-kura.

Yup, kura-kura. Binatang berumur panjang memiliki tempurung ini, merupakan binatang yang cocok untuk dipelihara. Banyak jenis kura-kura yang dapat kamu pilih untuk menemani aktivitasmu selama di rumah, salah satu adalah kura-kura ART.

Ciri Ciri Alligator Snapping Turtle

Sebelum memelihara, pastinya anda harus tahu bentuknya, hal ini agar lebih meyakinkan bahwa kamu tertarik dan menyukai hewan yang akan anda pelihara. Kura-kura AST atau Alligator Snapping Turtle merupakan jenis kura-kura dari famili Chelydridae yang masuk kelas reptilia .

Sesuai dengan namanya ‘Alligator’ hewan ini memiliki bentuk tubuh yang gahar dan cukup menakutkan seperti alligator dengan ujung bibir yang runcing serta rahang yang kuat.

Kura kura AST memiliki tempurung dengan bentuk menyerupai duri ujung runcing dan keras yang jumlahnya dapat dihitung dengan jari. Kura-kura AST juga memiliki ekor yang panjang, lebih panjang dibanding dengan kura-kura pada umumnya. Kura-kura Alligator biasanya ditemui dengan warna abu-abu, cream, hitam, dan juga coklat.

Meski memiliki bentuk yang cukup menyeramkan, namun kura-kura ini tetap memiliki sisi imut dan menggemaskan untuk dipelihara.

Kura Kura AST

Habitat dan Karakteristik

Tergolong dalam spesies Macrochelys Temminckii. Kura-kura Alligator termasuk pada reptil purba atau primitif yang dapat dijumpai pada habitat perairan air tawar di Amerika Serikat, dan masuk pada jenis kura kura air tawar terberat di dunia dan menjadi spesies kura-kura air tawar terbesar Amerika Utara.

Berbeda dengan Kura-kura jenis lain dengan hobi berjemur dibawah sinar matahari, justru Kura-kura Alligator ini merupakan jenis hewan yang harus selalu di dalam air, dan lebih suka tinggal pada air sungai dengan aliran sungai yang cukup deras, namun meskipun begitu Kura-kura Alligator juga bisa dijumpai di danau. Mereka akan keluar hanya jika kura-kura betina akan bertelur.

Usia Kura Kura AST

Bagi anda yang tertarik memelihara Kura-kura AST, dia termasuk hewan yang setia. Bagaimana tidak cukup anda sediakan wadah besar dengan air yang cukup, dia tidak akan pergi dari zona nyamannya karena dia jenis hewan yang cukup anteng.

Seperti jenis Kura-kura pada umumnya yang memiliki umur yang panjang, kura-kura Alligator juga akan setia menemani anda sampai tua karena kura-kura ini dapat bertahan hidup hingga 80-120 tahun, namun jika pada alam bebas ia dapat hidup hingga umur 200 tahun.

Ukuran dari Kura Kura AST

Melihat bentuk fisiknya yang cukup terlihat ganas didukung dengan namanya yang cukup seram dengan kesan buas, ternyata hewan yang terlihat imut ini memiliki ukuran tubuh dengan panjang mencapai 80-100 cm dan berat 80-90 kg untuk kura-kura dewasa, termasuk hewan yang tempramental alias suka ngamuk dan marah-marah.

Pastikan anak kecil jangan bermain dengan kura-kura Alligator, karena ia bisa jika sudah marah gigitannya dapat membuat jari terkena pendarahan serius. Parahnya dapat membuat jari putus. Kura-kura ini cocok sebagai hewan hias dan menjadi pemandangan saat hati dan pikiran sedang gundah gulana.

Harga Kura Kura Alligator

Bagi anda yang para pecinta kura-kura ataupun yang tertarik untuk memelihara Kura-kura AST, ternyata kura-kura “galak” ini memiliki harga yang mahal dengan kisaran harga mulai dari 1 jutaan hingga yang termahal mencapai puluhan juta rupiah. Tergantung pada usia kura-kura, perawatan yang diberikan dan corak tempurungnya.

Makanan

Jika anda tertarik untuk memelihara Kura-kura Alligator, anda juga perlu bahkan wajib untuk memperhatikan jenis makanan yang ia konsumsi. Pastikan jika anda memelihara Kura-kura Alligator untuk rajin serta menjadwal kapan waktunya ia makan.

Jangan sampai anda yang terlalu sibuk hingga melupakan untuk memberinya makan. Karena sifat temperamen akan muncul ketika ia kelaparan, jadi perhatikan selalu jadwalnya untuk mengkonsumsi makanan.

Kura-kura AST memiliki jenis makanan yang bervariasi, mulai dari ikan kecil, amfibi, udang, invertebrata dan juga insekta. Namun jika di alam liar Alligator Snapping Turtle sering kedapatan memangsa daging, bangkai (yang belum busuk), ular, bahkan anak buaya, cukup ganas ya.

Di alam liar si mungil ini juga suka berburu, dengan cara yang unik. Memiliki lidah dengan bentuk yang kecil sehingga menyerupai cacing, lidah inilah yang menjadi umpan dengan bergerak menari-nari untuk menarik perhatian ikan di sekitarnya. Cukup diam menunggu sembari membuka mulut dan rahangnya lebar-lebar agar dapat berkamuflase seperti batu biasa. Saat ikan sudah mendekat dan berada tepat di dekat lidah, kura-kura Alligator akan dengan cepat menggigit si ikan dengan rahangnya yang sangat kuat.

Sebagai pemula, anda bisa memberikan makanan berupa daging. Untuk Alligator Snapping Turtle yang masih bayi, anda bisa menghaluskan daging atau memberikan makanan berupa ikan-ikan kecil, cacing beku, cacing sutera, atau anda juga bisa melatihnya untuk makan pelet.

Tempat memelihara Kura Kura Alligator

Namanya peliharaan tentunya harus ada tempat khusus alias kandang sebagai tempat pemeliharaan. Meski Kura-kura sudah punya rumah sendiri, namun ia masih perlu tempat khusus untuk ia tetap bertahan hidup.

Kandang Kura Kura Air

Untuk kandang yang nyaman untuk si “galak”ini pastikan anda mengaturnya dengan baik yaitu kolam yang memiliki area darat dan juga air dengan perbandingan 1:3. Jika anda ingin memeliharanya pada aquarium, anda perlu memasang basking tambahan yang bertujuan sebagai area darat. Anda bisa menambahkan beberapa hiding cave atau tempat bersembunyi.

Jangan lupakan filter air yang harus juga dipasang agara kondisi dan kebersihan air pada kolam atau aquarium tetap terjaga, usahakan menggunakan air sumur. Dan jangan sekali-kali mencoba mencampurnya dengan jenis kura-kura yang lain. Pada kasus tertentu sesama jenis AST saja kura-kura ini bisa menggigit ekor temannya sampai terputus.

Perawatan Kura Kura AST bagi Pemula

Memelihara juga harus memberikan perawatan, sebagai bentuk kasih sayang dan perhatian kepada hewan peliharaan. Meski si “galak” ini suka berada dalam air, hal ini tidak dapat menjamin Kura-kura Alligator bakal selalu bersih.

Jika tidak dibersihkan tubuhnya akan dipenuhi sisa makanan bahkan dari kotorannya sendiri. Hal ini akan ditumbuhi ganggang dan juga lumut, dan jika dibiarkan saja hal ini menimbulkan jamur. Jadi, anda harus rajin-rajin memandikannya.

Perbedaan Jantan dan juga Betina

Untuk membedakan mana betina dan mana jantan, cukup mudah. Tak berbeda jauh dengan kura-kura jenis yang lain. Anda bisa membedakan mulai dari cangkang, cakar, dan juga ekornya. Untuk kura-kura jenis jantan memiliki cangkang dengan ukuran yang lebih panjang dan ramping.

Pada bagian cakar, kura-kura jantan memiliki cakar yang lebih panjang, tajam, dan juga ramping. Ekor milik jantan lebih panjang, besar, berotot, dan cenderung melipat ke kanan. Begitupun sebaliknya untuk jenis betina.

Beternak Kura-kura AST

Untuk anda para pecinta kura-kura, dan ingin budidaya kura-kura AST ini, anda perlu memperhatikan beberapa hal. Mulai dari pemberian makanan, menyediakan kandang yang layak dan pastinya dalam jumlah yang banyak.

Pastikan anda memiliki lahan atau tempat yang luas untuk beternak Kura-kura AST. Anda juga perlu memisahkan Kura-kura bayi, anakan, dewasa, indukan, dan kura-kura siap kawin. Anda juga perlu mempersiapkan tempat untuk indukan yang akan bertelur. Anda juga bisa bergabung dengan para pecinta Kura-kura untuk memperoleh tips perawatan budidaya yang baik dan tepat.

Meski Kura-kura Alligator tergolong hewan yang buas, tidak ada salahnya untuk mencoba memeliharanya. Untuk makan dan perawatannya pun tidaklah susah, hanya perlu berhati-hati karena sifat galaknya yang tidak bisa hilang walau dipelihara lama. Memeliharanya akan sedikit membantu mengurangi stres setelah lelah berkegiatan.

Baca Juga Mengenai : Kura Kura Brazil