Semut Rangrang

Anda tentunya tidak asing lagi bukan dengan keberadaan semut. Apalagi, semut juga memiliki jenis yang sangat banyak yang salah satunya adalah semut rangrang yang biasanya mudah dijumpai.

Semut rangrang atau Oecophylla merupakan sebuah jenis semut yang ukurannya relatif besar jika dibandingkan dengan semut lain dan memiliki kemampuan anyaman sarang yang tinggi.

Semut rangrang ini biasanya memiliki panjang 15 – 16 mm dengan umur mencapai 1 – 2 tahun, sedangkan untuk ratu dari semut ini memiliki umur yang lebih panjang sekitar 10 tahun.

Semut RangRang

Sehubungan dengan informasi yang lebih dalam mengenai semut rangrang ini, Saya ingin mengajak Anda untuk membaca beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai semut rangrang. Penasaran? Simak informasinya berikut ini ya!

Habitat Semut Rangrang

Untuk hidup, semut rangrang biasanya hidup dalam berkelompok dan di tiap kelompok bahkan jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu ekor semut rangrang.

Untuk daerah kekuasaan per koloni semut rangrang bahkan ada yang mencapai 1000 meter persegi, lho! Besar sekali bukan?

Untuk habitatnya sendiri, mereka cenderung memilih tumbuh – tumbuhan sebagai tempat tinggal mereka, terutama pada pohon – pohon besar yang dirasa memiliki daun – daun yang lebar dan lentur, atau bisa juga daun kecil namun rimbun.

Biasanya, mereka bertugas untuk menjadi predator hama dan mengendalikan hama yang menyerang tumbuhan tersebut.

Habitat Semut Rangrang

Jenis Semut Rangrang

Untuk jenis semut rangrang sendiri sebenarnya tidak terdapat sekat – sekat yang membedakan antara jenis semut rangrang 1 dengan semut rangrang yang lainnya.

Namun, dalam kehidupan semut rangrang, ada beberapa pembagian tugas yang kemudian akan dilakukan terus menerus selama masa hidup semut rangrang tersebut.

Berikut ini adalah pembagian dari pembagian tugas semut rangrang :

Semut Ratu

Ratu Semut Rangrang

Semut ratu atau bisa juga disebut dengan ratu semut, merupakan sebuah semut yang menguasai suatu koloni atau kelompok dan memiliki tubuh yang cenderung paling besar jika dibandingkan dengan jenis semut yang lainnya.

Ratu biasanya memiliki sayap, namun biasanya akan segera dijatuhkan apabila sudah kawin. Ratu semut akan kawin sekali dalam seumur hidup kemudian akan merawat keturunannya.

Semut Jantan

Semut jantan merupakan jenis semut yang biasanya diproduksi di waktu tertentu saja dalam 1 tahun, yang mana pada musim kawin dan setelahnya semut jantan biasanya akan mati. Semut jantan biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dan warnanya cenderung hitam.

Semut Pekerja

Selanjutnya, adapula semut pekerja yang merupakan semut betina yang masih steril. Mereka bertugas untuk merawat induk ( ratu ) dan juga para bayi dengan membersihkan kotoran serta memberikan makanan. Membangun rumah juga merupakan tugas semut pekerja.

Semut Prajurit

Semut Prajurit

Terakhir adalah semut prajurit yang mana semut ini merupakan semut jantan yang steril. Biasanya mereka membangun koloni dan menemukan lingkungan yang baru untuk hidup.

Ciri – Ciri Semut Rangrang

Berikut ini adalah beberapa ciri dan sifat dari semut rangrang, antara lain :

Pemberani

Pertama, semut rangrang merupakan jenis semut yang pemberani. Semut ini berani menyerang organisme yang bahkan ukurannya lebih besar.

Lincah

Selanjutnya, jenis semut rangrang juga memiliki sifat yang lincah karena mampu berlarian ke atas dan kebawah sepanjang harinya.

Disiplin

Selanjutnya, semut rangrang juga memiliki sifat disiplin karena biasanya mereka akan selalu melakukan pekerjaan mereka secara kompak berkelompok.

Cerdas

Terakhir adalah cerdas, dimana semut rangrang ini akan selalu membangun sistem komunikasi diantara mereka dengan mengeluarkan aroma.

Siklus Hidup Semut Rangrang

Siklus hidup semut rangrang terdiri dari telur yang mana biasanya memiliki masa 3 – 6 hari.

Siklus Hidup Semut Rangrang

Telur semut rangrang ini biasa disebut kroto, yang mana bisa digunakan sebagai pakan ikan dan pakan lainnya dan jumlahnya hingga ratusan butir, kemudian menetas menjadi larva dan terdiri dari 9 instar dengan mengonsumsi daun sebagai makanannya.

Selanjutnya, larva semut rangrang akan berubah menjadi pupa yang kemudian hidup di tanah. Kemudian menjadi imago atau bisa disebut juga sebagai semut rangrang dewasa.

Manfaat Semut Rangrang

Selanjutnya, semut rangrang juga memiliki manfaat yang mana diantaranya adalah sebagai indicator hayati, yaitu sebagai alat monitoring perubahan kualitas dari lingkungan serta penentuan kawasan konservasi.

Hal ini juga didukung dengan beberapa sifat yang dimiliki oleh si semut rangrang, misalnya dengan dapatnya mereka hidup di berbagai habitat, terdapat toleransi yang sempit terhadap perubahan lingkungan, biomassa dominan, serta mudah dikoleksi.

Budidaya Semut Rangrang Dengan Media Toples

Berikut ini adalah hal yang diperlukan dalam melakukan budidaya semut rangrang dengan media toples.

1. Rak Semut Rangrang

Rak Semut Rangrang

Rak semut rangrang digunakan sebagai tempat peletakan dari sarang semut rangrang. Rak ini biasanya dibuat dengan susunan dua tingkat atau bisa juga lebih. Dapat pula dibuat dengan menggunakan bambu, kayu, atau bisa juga besi.

2. Cara Menyatukan Koloni Semut Rangrang Yang Berbeda

Cara bagaimana untuk menyatukan semut rangrang dimulai dengan proses pengenalan semut dengan mendekatkan 2 koloni yang berbeda kemudian menggabungkan koloni semut dengan menyemprotkan air.

3. Bibit Semut Rangrang.

Bibit Semut Rangrang

Untuk bibit semut rangrang sendiri biasanya dapat ditemukan di perburuan di alam bebas. Namun, Anda juga bisa melakukan pembelian dari peternak – peternak yang lain.

4. Cara Membuat, Menghasilkan Calon Ratu Semut Rangrang

Berikut ini adalah bagaimana cara menghasilkan atau mengidentifikasi calon semut rangrang yang berperan sebagai ratu.

  • Memiliki ukuran badan yang cenderung lebih besar
  • Memperhatikan apakah pada semut terdapat sayap atau tidak, jika iya dia kemungkinan besar adalah ratu semut.
  • Bagian leher dan abdomen menyatu
  • Nah, jika Anda menemukan tanda – tanda diatas, maka kemungkinan Anda sudah mendapatkan ratu semut rangrang.

5. Minuman Nutrisi Semut Rangrang

Nah, untuk minuman nutrisi semut rangrang sendiri, Anda bisa menyiapkan beberapa jenis, misalnya seperti air gula, madu, serta molase atau limbah dari tebu.

6. Cara Memberi Makan Semut Rangrang

Cara untuk memberi makan semut rangrang cukup mudah, yakni dapat Anda lakukan dengan membuat suatu tempat khusus untuk menampung makanan yang biasanya dibuat dari botol plastic yang dipotong dan diletakkan di atas toples.

Selain itu, Anda juga bisa dengan menggunakan media rak dan diletakkan dalam sebuah nampan.

Untuk makanannya juga beragam. Bisa ulat, bisa juga seperti binatang terbang seperti jangkrik. Tidak ada pengecualian pada kasta semut rangrang. Pun pada ratu semut rangrang.

7. Vitamin Untuk Semut Rangrang

Tidak ada pengkhususan vitamin yang dikonsumsi oleh semut rangrang. Namun, dengan memenuhi nutrisinya, sudah lebih dari cukup untuk pertumbuhan semut rangrang itu sendiri.

Budidaya Semut Rangrang Dengan Media Toples

Cara Agar Semut Rangrang Cepat Berkembang Biak

Semut rangrang juga bisa dikondisikan untuk bisa berkembang biak dengan lebih cepat. Nah, hal yang bisa Anda lakukan adalah tentunya dengan mengkondisikan kondisi yang optimal bagi setiap semut rangrang yang ada.

Kemudian, pastikan juga ratu semut dikondisikan dengan sangat baik agar menghasilkan telur yang lebih cepat dari waktu biasanya.

Daftar Harga

 Harga
Telur semut rangrang35 ribu rupiah per kantong
Semut rangrang30 – 35 ribu rupiah
Bibit semut rangrang150 ribu rupiah – termasuk ratu
Bibit semut rangrang per toples50 ribu rupiah
Telur semut rangrang per kilo60 ribu rupiah

Baca juga mengenai >> Budidaya Kroto<< temukan tips ternak kroto.

Itu dia beberapa informasi dari semut rangrang. Semoga bermanfaat!