Magon

Para pecinta ayam mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis ayam satu ini. Ayam magon sendiri cukup terkenal diantara para peminat pertarungan ayam.

Ayam magon merupakan jenis ayam hasil dari perkawinan silang dari ayam pama dan ayam saigon. Peminat dari ayam jenis ini cukup besar. Jenis ini sering juga disebut dengan ayam hoki karena kemampuannya dalam bertarung yang cukup kuat.

Artikel di bawah ini akan membantu Anda untuk memahami berbagai hal tentang ayam petarung satu ini sebelum memutuskan untuk membeli.

Ciri Ciri Ayam Magon

Ciri Ciri Ayam Magon

Sebelum membahas tentang ayam magon lebih jauh, Anda perlu mengenal terlebih dahulu bagaimana ciri-ciri dari ayam ini. Hal ini nantinya dapat mempermudah Anda untuk mengenali ayam tersebut dan membedakannya dari ayam lain. Beberapa ciri yang dapat Anda perhatikan diantaranya:

1. Ciri Khas Ayam Magon

Ayam ini memiliki ciri khas yaitu bulunya lebat dan biasanya warnanya gelap dan cenderung kurang menarik dibandingkan dengan ayam aduan lainnya. Warna pada tubuh ayam ini biasanya bervariasi dari coklat, hitam, kelabu, merah, dan juga jalak.

2. Ayam Magon Import

Pada jenis ayam ini, ciri yang dimiliki tidak terlalu berbeda dengan jenis yang lainnya. Perbedaan terletak pada asalnya.

3. Ayam Magon Original

Ayam Magon Original

Jenis ini merupakan ayam magon yang hasil persilangan langsung dari ayam pama dan sangon. Jenis ini masih belum disilangkan lagi dengan ras lainnya.

4. Ayam Magon Ori Thailand

Jenis ayam magon ori thailand biasanya suka berlarian memutari tempat pertandingan. Hal ini merupakan salah satu taktik yang ayam gunakan untuk mengecoh lawannya.

Ia membuat ayam lainnya lelah terlebih dahulu, baru menyerang ketika ada kesempatan. Warna bulu ayam ini cenderung lebih gelap.

5. Ayam Magon Betina

Ayam Magon Betina

Pada ayam ini, ia memiliki jari yang halus, bulu badan yang dimiliki mengkilap. Ia memiliki kepala yang menyerupai ular serta jari yang runcing dan halus. Selain itu, bulu yang dimiliki berwarna cantik dan mengkilap.

6. Warna Telur Ayam Magon

Seperti pada telur ayam umumnya, ayam magon memiliki warna telur hampir kecoklatan. Warnanya lebih muda dan coklat pudar dibandingkan dengan telur milik ayam petelur.

Telur Ayam Magon

7. Telur Ayam Magon

Seperti ayam pada umumnya, ayam magon betina juga dapat bertelur. Bentuknya kurang lebih sama dengan ayam pada umumnya. Ia lebih oval dan warnanya lebih pudar dan bukan coklat gelap.

8. Fisik

Tujuan dari dilakukannya persilangan dari ayam pama dan sangon yang menghasilkan ayam magon adalah agar ayam ini dapat bertarung dengan kuat dan daya pukulnya tangguh dengan ukuran tubuh yang lebih besar.

Bobot dari ayam ini berkisar 3-4 kg bahkan bisa mencapai 5kg. Kaki yang dimiliki cukup besar dan biasanya berwarna gelap. Postur yang dimiliki tegap dan besar.

Ciri Ciri Ayam Magon Yang Bagus

Dalam memilih ayam magon yang bagus, Anda perlu memperhatikan beberapa ciri-ciri yang terdapat pada ayam. Pada induk jantan, sebaiknya memilih ayam dengan bentuk kepala menyerupai buah pinang dan memiliki posisi berdiri yang tegak serta badan kekar, bentuk paruh melengkung seperti miliki burung elang serta memiliki sayap yang kuat dan rapat dengan badan.

Ciri Ciri Ayam Magon Yang Bagus

Selain itu, kualitas bagus dapat dilihat dari warna bulu mengkilap, jari kaki halus dan runcing panjang, dan kakinya kokoh. Sementara itu, dalam memilih ayam magon induk betina, Anda harus memperhatikan bentuk kepala yang mirip dengan kepala ular, warna bulu mengkilap, ayam tidak pernah terkena sakit, punya taji, dan jarinya halus dan runcing.

Kelebihan dari Ayam Magon

Dalam bertarung, ayam magon unggul dalam kecerdasan. Dalam keadaan yang sangat mendesak sekalipun, ia masih dapat membalikkan keadaan dan menyerang balik. Ia memiliki tulang yang sangat kuat dan kaki yang cukup kokoh.

Selain itu, ia dinilai cukup gesit dan fleksibel dalam pergerakannya. Hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi fisiknya yang cukup besar sehingga ia juga memiliki pukulan yang dilihat cukup keras, terutama pada kepala dan leher.

Kelebihan Ayam Magon vs Bangkok

Baik ayam magon maupun bangkok memiliki kelebihannya masing-masing dalam bertarung. Untuk ayam magon, seperti yang sudah disebutkan di atas, ia memiliki kecepatan yang baik serta pukulannya dinilai keras dan cukup tepat sasaran.

Sementara ayam bangkok memiliki teknik dalam bertarung yang cukup beragam. Ia juga cukup kuat dalam pukulan dan jika dibutuhkan, ia dapat beradu jalu.

Jenis Ayam Magon

Ayam magon memiliki beberapa jenis dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jenis tersebut diantaranya yaitu ayam magon super istimewa, ninja, iq, ori import, asli, bulbi, dan klawu.

Tiap jenisnya memiliki karakteristiknya masing-masing dengan keunggulan yang berbeda. Hal tersebut juga mempengaruhi harga ayam tersebut.

Perbedaan Ayam Mangon dan Magon

Dari namanya, mungkin banyak yang bingung apakah ayam mangon dan magon berbeda atau nama tersebut merupakan nama lain. Jika ayam magon merupakan hasil dari kawin silang ayam pama dan saigon, ayam mangon merupakan hasil penyempurnaan dari ayam pama itu sendiri.

Perbedaan Ayam Mangon dan Magon

Dari segi fisik, ayam magon cenderung lebih kuat, kokoh, dan besar. Sementara dibandingkan dengan jenis tersebut, ayam mangon cenderung lebih kecil dan memiliki leher yang pendek. Warna bulu ayam mangon tidak sebanyak ayam magon, kebanyakan berwarna merah kecoklatan atau bahkan menyerupai warna dan pola batik.

Harga Ayam Magon

Ayam magon merupakan salah satu jenis ayam petarung unggulan. Harga yang ditawarkan oleh penjual bervariasi, tergantung jenis ayam yang seperti apa yang diinginkan oleh pembeli.

Selain itu, karakteristik, kondisi, dan umur ayam juga mempengaruhi harga. Untuk ayam magon ori dan asli, harga bervariasi dari Rp 400.000,00 – Rp 800.000,00.

Sementara untuk ayam magon betina, harga pasaran yang dipatok yaitu Rp 1.750.000,00 hingga mencapai Rp 5.000.000,00.

Jika Anda memiliki budget lebih, dapat mempertimbangkan ayam magon bulbi. Harga ayam ini mencapai di atas Rp 1.000.000,00 hingga Rp 12.000.000,00 tergantung kondisi ayam itu sendiri.

Cara Merawat Ayam Magon

Dalam melatih ayam, terdapat tiga aspek yang harus diperhatikan dengan teliti untuk hasil yang lebih bagus, yaitu makanan, cara memandikan, dan juga cara melatih.

1. Makanan Ayam Magon

Dalam memberikan pakan, Anda harus memperhatikan usia ayam karena ayam pada usia 3 bulan memiliki jenis dan komposisi makanan yang berbeda dengan ayam usia 6 bulan.

Beberapa jenis makanan yang baik untuk ayam jenis ini adalah gabah, keong mas, cacing tanah, jagung, beras merah, dan singkong.

2. Cara Memandikan

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan ayam yaitu dengan cara memandikannya. Untuk waktu mandi, lebih baik dilakukan dua kali dalam seminggu.

Dalam memandikan, Anda cukup menggunakan handuk atau kain bersih yang dibasahi kemudian lap seluruh badan ayam hingga bersih.

3. Cara Melatih

Dalam melatih ayam magon, terdapat empat jenis latihan yang dapat digunakan. Pertama, yaitu latihan untuk bagian leher karena memegang peran penting ketika bertarung.

Latihan yang diberikan untuk leher ayam dapat dilakukan sejak mereka masih dalam usia yang muda agar kuat dan tahan pukulan. Anda dapat memberikan pijatan pada leher ayam dengan perlahan saat memandikan.

Kedua, pada bagian kaki. Anda dapat melatih kekuatan kaki dengan cara menggantungkan ayam selama satu hingga dua menit menggunakan tali. Hal ini bertujuan untuk melatih kekuatan kaki agar dapat menyerang dengan pukulan yang kuat.

Ketiga, pada bagian sayap. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara melempar ayam ke udara dalam ketinggian yang masih wajar. Latihan ini berfungsi untuk melatih kelincahan ayam saat bertarung.

Terakhir yang tidak kalah penting adalah memberikan pelatihan mental. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan cara latihan adu dengan ayam lainnya. Hal ini berfungsi untuk mempersiapkan mental ayam ketika bertarung.

Baca juga mengenai : Ayam Ganoi

Berikut merupakan penjelasan seputar ayam magon. Semoga artikel di atas dapat membantu Anda untuk mengetahui lebih lanjut tentang ayam ini JIka Anda tertarik untuk membelinya, pastikan ayam dalam keadaan sehat dan dirawat dengan baik, ya!