Poland

Memelihara hewan merupakan hobi yang saat ini sudah dilakukan banyak orang. Selain hewan berkaki empat, beberapa orang mulai tertarik dengan memelihara jenis hewan berkaki dua.

Dan salah satunya ialah ayam. Hal ini dikarenakan, jenis unggas satu ini memiliki banyak manfaat. Seperti sebagai ayam penghasil telur, pedaging, dan juga sebagai ayam perlombaan atau kompetisi.

Jenis ayam kompetisi inilah yang saat ini begitu banyak digemari oleh masyarakat. Sebab, meski dapat dikonsumsi. Tampilan yang menawan banyak memikat orang-orang untuk memeliharanya.

Bahkan, ada yang bersiap membaca peluang ini sebagai ladang bisnis, yakni ternak ayam hias. Ayam yang lebih diunggulkan pada kualitas penampilannya ini, saat ini telah banyak ragam jenisnya. Dan satu diantaranya ialah ayam hias jambul atau ayam poland.

Ayam Hias Poland

Ayam Hias Poland (1)

Bagi anda yang tertarik untuk beternak ayam poland, anda perlu mengenal terlebih dahulu ayam imut satu ini. Meski memiliki nama poland, ayam hias satu ini tidak benar-benar berasal dari polandia.

Ayam poland merupakan jenis ayam bulu jambul Eropa yang populer sebab memiliki mahkota bulu yang luar cantik pada bagian kepalanya. Menurut beberapa catatan ayam, poland berasal dari Belanda. Namun tidak diketahui secara pasti lokasi tepatnya.

Selain memiliki bentuk bulu yang unik, layaknya disisir. Ayam ini dihiasi juntaian mahkota bulu pada kepala yang dapat dikembangkan dengan beragam bentuk.

Ciri Ciri Ayam Poland

Ciri Ciri Ayam Poland (1)

Seperti pada penjelasan diatas. Ayam poland memiliki ciri-ciri, memiliki jambul atau mahkota bulu pada bagian kepala dan cenderung menutupi bagian mata. Bulu yang dimiliki ayam poland juga termasuk lebar, dengan tekstur yang lembut dan juga tebal.

Posturnya lebih pendek dibanding ayam biasa (kampung) dengan dada membusung. Tampilan bulu ayam poland sangat unik dan juga indah. Paruh pada ayam poland juga cerah dan bersih.

Jenis Ayam Poland

1. Ayam Poland Kapas

Ayam Poland Kapas (1)

Poland kapas, merupakan jenis ayam poland yang memiliki bulu yang lebat dengan tekstur lembut, berwarna putih bersih layaknya sebuah kapas berjalan. Dengan bentuk bulunya ini, ayam ini sangat mempesona bahkan harganya tergolong sangat mahal.

2. Ayam Poland Ori

Ayam Poland Ori (2)

jenis kedua, poland ori. Yakni jenis poland yang masih murni ayam poland, alias bukan hasil penyilangan dengan jenis ayam lainnya. Poland ori biasanya berwarna gelap atau hitam dengan perpaduan warna jingga, merah, cokelat mocha ataupun cream. Dan umumnya berasal langsung dari negeri asalnya.

3. Ayam Poland Batik

Selanjutnya jenis poland batik. Dilihat dari namanya, tentu sudah dapat anda kira. Poland batik merupakan jenis poland yang memiliki motif atau corak bulu yang rapi dengan pola beraturan.

Ayam Poland Batik

Layaknya pola pada kain batik. Motif inilah yang membuat ayam poland batik sangat unik dan terlihat sangat indah.

4. Ayam Poland Jambul

Ayam Poland Jambul

Poland jambul merupakan jenis ayam dengan bulu pada bagian kepalanya menyerupai jambul pada manusia. Jambul yag dimiliki berbentuk membulat dan terlihat megembang atau besar.

5. Ayam Poland Tanduk

Ayam Poland Tanduk

Sesuai dengan namanya, ayam poland tanduk ini memiliki jengger yang mirip seperti tanduk. Jika dibandingkan dengan jenis ayam poland lainnya, jenis satu ini memiliki bulu yang lebih indah. Karena terdapat jambul tanduk pada bagian kepalanya.

6. Ayam Poland Putih

Ayam Poland Putih

Jenis poland putih atau juga bisa disebut galur murni merupakan ayam poland dengan warna tunggal, seperti abu-abu atau hitam. Warna ayam poland galur murni ini hanya terbatas hitam dan putih.

Untuk warna putih, umumnya keseluruhan bulunya berwarna putih bersih dengan pial berwarna merah cerah.

7. Ayam Poland Silangan

Jenis ini merupakan, poland hasil perkawinan silang dari berbagai jenis ayam Poland. Baik poland dengan ayam kampung, poland bertanduk dengan poland biasa. Poland dengan ayam hutan, dan juga poland walik dengan poland biasa.

8. Ayam Poland Jambul Mahkota

Sedikit berbeda dengan jenis ayam poland jambul. Jenis poland jambul mahkota memiliki bulu jambul pada bagian kepala yang menyerupai mahkota.

Bulu nya mengembang dan memenuhi seluruh kepala bahkan menutupi mata. Pada bagian tengah, bulu jambul poland berdiri tegak tegak, yang semakin menunjukkan kegagahannya layaknya raja dengan mahkota

9. Ayam Polan Asli

Berbeda dengan poland ori, dimana bukan hasil persilangan. Ayam poland asli merupakan jenis poland hasil persilangan sesama ayam poland dengan jenis yang berbeda. Warna bulunya, tergantung pada warna indukan yang dikawinkan.

10. Ayam Poland Walik

Ayam Poland Walik

Yang terakhir ialah jenis ayam poland walik. Sesuai dengan namanya, walik yang dalam bahasa indonesia bermakna “balik”. Maksud dari bari balik ini, karena bulu pada poland balik, membalik menghadap kedepan.

Berbeda dengan ayam poland lainnya, dimana bulunya rapi tertata ke belakang. Poland walik sebaliknya. Meski bulunya terlihat mengembang dan berantakan, justru ini yang menjadi keunikan poland walik. Ada pula yang menyebut jika poland walik ialah poland dengan bulu keriting.

Membedakan Ayam Poland Jantan Dan Juga Betina

Bagi anda yang masih awam dalam membedakan jenis ayam poland betina dan juga ayam poland jantan, pasti sangatlah sulit. Anda dapat membedakan ayam poland betina dengan jenis poland jantan cukup dengan melihat pada bagian jenggernya.

Pada poland jantan memiliki bentuk jengger menyerupai tanduk dengan warna merah. Sedang untuk jenis betina, jenggernya tidak terlihat sebab tertutup bulu jambul.

Hal lain yang membedakan dari ayam poland jantan yakni ialah pialnya yang memiliki warna merah dan juga menggantung di dagu . postur poland jantan juga lebih lebih pendek dengan dada membusung ke depan. Serta tubuhnya lebih besar dibandingkan dengan sang betina.

Daftar Harga Ayam Poland

1. Dewasa

Harga yang dibanderol untuk ayam poland berusia dewasa berkisar diangka 500-an ribu per ekornya. Harga ini dapat naik menjadi jutaan seiring kualitas ayam poland yang baik.

Seperti bulunya yang bagus, kualitas telur yang dihasilkan, serta kejuaraan yang diperoleh dalam ajang kontes ayam hias.

2. Betina

Nah, untuk indukan atau betina harganya dibanderol dari 450-an ribu. Harganya juga bergantung dari kualitas telur yang dihasilkan, dan juga bergantung pada jenis indukan itu sendiri.

3. Kapas

Jenis ayam poland kapas memiliki harga yang terbilang cukup mahal, hingga mencapai jutaan rupiah. Sebab, kualitas dari bulunya yang sangat lembut dan juga elok juga bersih.

Tampilan yang sangat cantik, membuat poland kapas sering kali diikutsertakan dalam perlombaan ayam hias. Inilah salah satu sebab, harganya terbilang cukup mahal.

4. Anak Ayam Poland

Untuk anda yang ingin memelihara atau beternak ayam poland, kalian dapat mulai dari anakan terlebih dahulu. Nah, anakan ayam poland memiliki harga berkisar 125 hingga 150 ribu per ekornya. Harga ini dapat berubah, tergantung pada umur dan jenis dari anakan ayam poland itu sendiri.

Cara Ternak Ayam Poland

1. Indukan

Untuk proses pengembangbiakan ayam poland. Pemilihan indukan sangatlah penting. pilih indukan dengan kualitas yang bagus dan juga baik. Tahap pengawinan yaitu saat ayam berusia dewasa, kira-kira usia 8 bulan. Kualitas indukan yang baik tentunya akan menghasilkan telur yang baik pula.

2. Kandang

Saat memutuskan memelihara hewan, terlebih ayam. Kandang menjadi hal penting yang sangat wajib untuk anda persiapkan. Untuk pembuatan kandang ayam poland, anda dapat memberikan ukuran luas 60 cm X 90 cm X 60 Cm.

Kandang Ayam Birma

Ukuran tersebut dapat digunakan untuk 3 ekor poland berusia dewasa. Jangan lupa untuk menutupi kandang dengan kain atau pembatas. Hal ini bertujuan agar hujan dan angin kencang tidak mengganggu ayam, dan ayam tetap terlindungi.

3. Makanan Ayam Poland

Untuk pemberian pakan, ayam poland dapat anda berikan campuran yang terdiri dari voer dan konsentrat, serta jagung giling. Letakkan makanan poland pada wadah khusus dengan posisi agak tinggi sehingga ayam poland mudah untuk mengambilnya.

Usahakan pakan yang anda berikan tidak mengenai bagian jambul dari ayam. Selain akan membuat kotor, juga memudahkan jambul terkena jamur. Berikan makanan setiap satu hari sekali.

Untuk menjaga kesehatan ayam, berikan vitamin secara berkala dengan mencampurnya pada pakan ayam yang disediakan. Dan untuk ayam pada usia 1 bulan dapat diberikan vaksin ND dan juga vaksin Avian Influenza.

Pemberian vaksin ini dilakukan saat ayam dalam kondisi sehat.Selain makan, anda juga perlu untuk menyiapkan minum. Berikan secukupnya saja. Jangan berikan dalam jumlah banyak dan sepanjang hari, karena akan menyebabkan pilek.

4. Cara Memelihara Ayam Poland

Hal yang harus diperhatikan saat memelihara ayam poland, ialah selalu bersihkan kandang ayam. Agar terhindar dari berbagai virus yang dapat menyebabkan penyakit. Jadwal pembersihan dapat anda lakukan setiap seminggu sekali.

Akan lebih bagus jika anda bersihkan setiap hari. Kandang yang selalu bersih tentu akan membuat ayam menjadi nyaman dan terbebas dari serangan penyakit.

Sebab, ayam poland merupakan jenis ayam yang memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah, dibanding dengan jenis ayam hias lainnya. Sehingga rentan sakit, utamanya saat terkena angin kencang. Jadi pastikan kandang juga tertutup.

Nah, itu tadi perkenalan mengenai ayam poland dari segala jenis ayam poland, harga, perawatan, dan beberapa hal lainnya. Untuk anda yang berkeinginan memelihara ayam hias poland atau mungkin mencari keuntungan dengan beternak ayam poland.

Baca juga mengenai : Ayam Pama

Beberapa penjelasan diatas dapat membantu anda dalam memulai pemeliharaan dan perawatan ayam poland yang benar. Dan tentunya sesuai dengan jenis yang ayam anda pilih.