Tikus

Tikus adalah hewan mamalia yang berasal dari ordo rodentia. Hewan mamalia yang satu ini berasal dari kawasan Asia. Tikus juga merupakan binatang sosial yang hidup berkelompok dalam komunitas yang luas.

Tikus juga merupakan mamalia yang saling terikat dengan satu sama lain. Tikus juga dikenal sebagai hewan komensal karena tikus dapat hidup berdekatan dengan manusia serta sikap ketergantungan mereka terhadap manusia.

Tikus termasuk hewan pengerat dan sering kali keberadaan tikus ini menjadi gangguan untuk kebanyakan orang, bahkan hewan ini dikenal pula sebagai hewan pembawa berbagai macam penyakit, salah satunya adalah tipes. Nah, untuk anda yang cukup penasaran dengan hewan yang satu ini, berikut ulasan selengkapnya.

Disamping itu, tikus juga dikenal sebagai hama umum yang kerap ditemukan di berbagai tempat yang dihuni manusia. Hal ini dikarenakan tikus sangat cepat beradaptasi dengan lingkungan baru. Berikut dibawah ini adalah beberapa hal yang harus anda ketahui tentang tikus.

Ciri Ciri Tikus

Ciri Ciri Tikus

Ciri-ciri tikus secara umum adalah mereka memiliki moncong atau mulut yang runcing serta telinga yang lebar dan juga panjang. Disamping itu, tikus juga memiliki mata yang kecil.

Jika dilihat dari warnanya, tikus memiliki warna tubuh yang beragam tergantung dari jenis tikus itu sendiri. Warna tubuh tikus yang umum ditemui diantaranya adalah coklat, putih, hitam, abu-abu pekat dan masih banyak lagi lainnya. Tubuh tikus juga dipenuhi dengan rambut-rambut halus.

Pada kaki dan tangannya, tikus memiliki jari-jari. Menariknya lagi, gigi tikus dapat tumbuh dengan sangat cepat karena gigi-gigi tersebut mereka gunakan untuk mengerat. Pada umumnya, tikus memiliki berat sekitar 50 sampai 150 gram dengan panjang tubuh sekitar 6 sampai 10 sentimeter. Kebanyakan, ekor tikus lebih panjang dari tubuhnya, dengan panjang sekitar 7 sampai 10 sentimeter.

Jenis Jenis Tikus

Tikus terdiri dari banyak jenis. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Tikus Tanah

Tikus tanah pada umumnya berasal dari famili mamalia Talpidae dengan Soricomorpha sebagai ordonya. Mayoritas, tikus tanah ini memang bersembunyi di dalam tanah dengan membentuk lubang-lubang.

Tikus Tanah

Akan tetapi, beberapa spesiesnya ada juga yang akuatik atau semi-akuatik. Tikus tanah ini memiliki badan dengan bentuk silinder yang tertutupi oleh rambut halus. Tikus tanah memiliki sepasang mata kecil yang terlindungi, serta memiliki telinga yang tak dapat dilihat dengan mata.

Tikus Putih

Tikus putih terkadang juga disebut dengan nama lain berupa Norway Rat, yang pada awalnya berasal dari daratan China. Namun, pada akhirnya tikus putih ini populasinya menyebar hingga ke berbagai negara seperti Eropa bagian barat, dan juga Asia Tenggara.

Tikus Putih

Pada umumnya tikus putih memiliki ciri-ciri warna putih atau albino, memiliki kepala yang kecil, dan juga ekor yang lebih panjang ketimbang tubuhnya.

Tikus putih juga memiliki pertumbuhan yang cepat serta memiliki temperamen yang bagus. Tikus putih juga memiliki kemampuan laktasi yang tinggi serta relatif tahan terhadap perlakuan. Berat tikus putih bisa mencapai 200 hingga 250 gram.

Pelajari Selengkapnya Tikus Putih

Chinchilla

Chinchilla

Chinchilla berbeda dengan jenis tikus lainnya karena hewan pengerat yang satu ini bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan. Chinchilla juga memiliki bulu yang sangat lembut dan juga lebat. Hewan pengerat yang satu ini berhabitat asli di pegunungan Andes yang berada di sebelah timur benua Amerika Selatan.

Pelajari Selengkapnya Tentang Chinchilla

 

Tikus Berkembang Biak dengan Cara Ini

Tikus merupakan hewan mamalia, hal ini berarti ia menyusui anaknya serta berkembang biak dengan vivipara atau melahirkan.

Tikus sendiri mulai melakukan reproduksi ketika berusia 2 hingga 3 bulan dalam masa hidupnya. Selain itu, tikus betina juga mengalami masa kehamilan 19 hingga 21 hari.

Tikus Mempunyai Kemampuan Reproduksi Tinggi

Tentu saja hewan yang satu ini memiliki kemampuan reproduksi yang cukup tinggi, terlebih lagi jika dibandingkan dengan hewan mamalia yang lain. Mengapa demikian? Hal ini ditunjang dengan beberapa faktor di bawah ini.

  • Matang seksual tikus yang lebih cepat, antara 2 sampai 3 bulan.
  • Untuk masa buntingnya sendiri cukup singkat, antara 21sampai 23 hari.
  • Adanya post partum oestrus, munculnya birahi kembali setelah 24 hingga 48 jam melahirkan.
  • Masa menyusui yang cukup singkat, selama 28 hari.

Nah, dengan beberapa faktor di atas, sehingga tidaklah mengherankan jika tikus memiliki potensi meningkatkan populasinya dengan cukup cepat maupun mengembalikan tingkat populasinya dalam keadaan semula setelah jumlahnya menurun karena perburuan, penangkapan, maupun peracunan oleh manusia.

Nah, pola reproduksi ini dapat menunjukkan perbedaan lho setiap tahunnya, meskipun dengan populasi yang sama. Yang jelas hal ini cukup bergantung dari jumlah pakan serta sarang, keadaan cuaca atau iklim, pengaruh musuh alaminya, salah satunya adalah tindakan dari manusia.

Bagaimana Kecerdikan Tikus

Bukan sebuah rahasia lagi jika tikus terkenal sebagai binatang yang sangat cerdik. Ada beberapa hal yang menjadikan tikus sangat cerdik. Kecerdikan tikus yang pertama adalah tikus sangatlah mudah curiga dengan setiap perubahan kondisi lingkungan.

Kecerdikan tikus yang kedua adalah tikus memiliki indra penciuman yang tajam dan juga sangat peka. Selanjutnya, tikus juga merupakan hama yang terkenal sangat lincah dan juga gesit. Selain itu, tikus juga terkenal sebagai hewan sosial yang hidup dalam komunitas luas yang selalu berinteraksi serta berkomunikasi dengan satu sama lain.

Makanan Tikus

Pada dasarnya makanan tikus tergantung pada tempat dimana tikus itu tinggal. Tikus juga tidak segan-segan untuk memakan apa saja yang mereka temukan. Namun, tikus juga memiliki beberapa makanan yang lebih mereka jadikan sebagai preferensi.

Makanan Tikus

Ketika di alam liar, tikus cenderung menyukai tumbuh-tumbuhan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan juga kacang-kacangan. Ketika tikus memasuki rumah penduduk, ada beberapa jenis makanan yang mereka sukai terutama makanan yang tinggi akan lemak, protein dan juga gula, seperti daging, ikan, roti, sereal dan juga buah-buahan.

Bau Yang Tidak Disukai Tikus

Bagi anda yang ingin mengusir tikus dari rumah anda, ada beberapa wewangian yang bisa anda coba. Beberapa wewangian yang bisa anda coba manfaatkan adalah kapur barus, minyak peppermint dan juga bawang putih. Konon katanya ketiga wewangian tersebut adalah bau yang tidak disukai oleh tikus.

Mengapa Ular Dan Tikus Dapat Hidup Bersama

Ular dan tikus dapat hidup bersama karena keduanya merupakan aspek yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan alam. Jika salah satu dari keduanya tidak ada maka keseimbangan ekosistem akan terganggu.

Jika hal ini sampai terjadi maka lingkungan bisa menjadi rusak, misalnya populasi tikus akan semakin meroket dan akan menjadi hama pertanian yang akan sangat merugikan petani.

Tikus Berkembang Biak Dengan Cara

Tikus termasuk kedalam golongan hewan mamalia yang mana artinya adalah mereka akan menyusui anaknya dan mereka akan berkembang biak dengan cara melahirkan atau vivipar.

Cara Mengusir Tikus Yang Membandel

Tikus yang sering datang atau bahkan hidup di rumah anda pastinya sangat menjengkelkan sekali. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus yang membandel, seperti memasang perangkap tikus, memasang jebakan tikus dan juga memberikan racun tikus.

Perangkap Tikus

Perangkap tikus adalah perangkap hewan khusus yang digunakan untuk menangkap tikus, terkadang malah bisa untuk membunuh tikus. Pada umumnya, perangkap tikus ini dipasang di dalam ruangan yang biasanya dikunjungi oleh tikus.

Jebakan Perakangkap Tikus

Bahan :

  1. Timba Plastik Bekas Cat 10Kg
  2. Kardus
  3. Tali Senar / Tali layangan
  4. Umpan, bisa biji jagung, gabah padi dll (dengan syarat ringan)
  5. Balok

Tips :

  1. Potong kardus dengan melingkar seperti penutup timba dengan salah satu bagian kecil ujung kotak persegi, sebagai jembatan tikus.
  2. Pada salah satu ujung lingkar kardus diberikan umpan dan solasi atau kasih lem.
  3. Masukkan tali senar atau tali layangan pada bagian lapisan kardus (pori pori kardus).
  4. Siapkan timba dan lubangi pada ujung tepi penutup timba posisi agak kepinggir bukan tengah.
  5. Pasang ujung tali kardus tadi yang kencang tanpa kendor sebagai poros daya ungkit nantinya.
  6. pasang balok miring sebagai jembatan menuju atas timba yang sudah dipasang perangkap.
  7. Lebih jelas lihat gambar diatas.

Jebakan Tikus

Jebakan tikus adalah alat yang biasanya digunakan untuk menangkap tikus. Anda bisa membuat jebakan tikus sederhana, atau anda juga bisa membelinya secara langsung.

Alat Pengusir Tikus

Alat pengusir tikus adalah alat yang diformulasikan secara khusus untuk mengusir tikus. Salah satu alat pengusir tikus yang paling digemari oleh masyarakat adalah alat pengusir tikus elektronik. Alat ini disukai karena efektif untuk mengusir tikus, praktis dan tentunya tanpa efek samping.

Cara Mengusir Tikus Dengan Kapur Barus

Cara mengusir tikus dengan kapur barus cukuplah mudah. Anda hanya perlu menaruh kapur barus pada tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh tikus.

Cara Mengusir Tikus Dari Plafon Rumah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus dari plafon rumah anda. Cara yang pertama adalah memasang jebakan tikus pada langit-langit plafon anda.

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan amonia. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok detergen dengan 2 cangkir amonia yang kemudian diberi ¼ air.

Kemudian letakkan wadah campuran amonia tersebut pada plafon yang sering dilewati tikus. Cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan meletakkan kapur barus pada plafon.

Racun Tikus Alami

1. Lada Bubuk

Lada Bubuk

Lada bubuk bisa digunakan sebagai racun tikus alami karena aromanya yang kuat dan pedas. Untuk menggunakannya anda bisa menaburkan lada bubuk di setiap audit rumah anda.

2. Irisan Bawang

Irisan Bawang

Bawang juga ampuh sebagai racun tikus alami. Caranya adalah anda bisa meletakkan bawang putih pada kain kasa kemudian dibungkus. Setelah itu, anda bisa meletakkan bungkusan bawang putih tersebut di tempat yang sering dikunjungi tikus.

3. Kulit Telur

Kulit Telur

Kulit telur ternyata juga bermanfaat sebagai racun tikus alami. Jika anda ingin mencobanya, maka anda harus terlebih dahulu mengeringkannya dan kemudian menumbuknya hingga hancur. Setelah itu, anda bisa menabur tumbukan kulit tersebut pada sudut-sudut rumah anda.

4. Kulit Durian

Kulit Durian

Setelah makan durian, jangan langsung buang kulitnya karena bisa anda gunakan sebagai racun tikus alami. Anda hanya perlu meletakkan kulit durian pada tempat yang sering dikunjungi tikus. Aroma menyengat dari kulit durian ini dijamin bisa membuat tikus kabur.

5. Minyak Peppermint

Anda juga bisa menggunakan minyak papermint untuk racun tikus alami. Hal yang perlu anda lakukan adalah memasukkan tanah diatom ke dalam wadah yang bunda telah siapkan, kemudian tambahkan air dan selanjutnya tetesi minyak papermint.

Minyak Peppermint

Aduklah hingga merata. Kemudian ambil campuran tersebut sebanyak satu sendok Dan masukkan kedalam wadah tanpa penutup. Letakkan di setiap sudut rumah anda.

6. Daun Mint

Daun Mint

Daun mint juga bisa anda manfaatkan untuk mengusir tikus. Caranya sederhana anda hanya perlu menumbuk daun mint hingga hancur, kemudian tambahkan sedikit air, dan letakkan campuran tersebut kedalam botol spray. Anda cukup menyemprotkan cairan tersebut ke tempat yang sering dikunjungi tikus.

7. Baking Soda

Cara menggunakan baking soda sebagai racun alami tikus cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan baking soda ke dalam makanan kegemaran tikus.

Baking Soda

Ketika tikus memakan makanan tersebut maka baking soda akan bereaksi sehingga membuat tikus tidak bisa mengeluarkan gas. Lama-kelamaan tikus pun akan mati.

8. Kantung Teh

Kantung Teh

Cara mengusir tikus menggunakan kantong teh pun cukup mudah. Anda hanya perlu meletakkan kantong teh bekas yang masih lembab ke sudut-sudut rumah yang sering dilalui tikus.

9. Buah Mengkudu

Buah Mengkudu

Karena aromanya yang kuat, buah mengkudu juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Caranya adalah dengan menghancurkan buah mengkudu ini, kemudian ditambah air dan kemudian dimasukkan ke dalam botol spray. Anda bisa menyemprotkan cairan ini pada area yang sering dilalui tikus atau langsung pada lubang tikusnya.

10. Kamper (Kapur Barus)

Kamper (Kapur Barus)

Anda bisa menyebar beberapa butir kamper di setiap sudut yang sering dilalui tikus agar tikus tidak balik lagi. Namun, jangan meletakkan kamper di dekat makanan anda ya!

11. Cuka

Cuka

Cuka juga bisa digunakan untuk mengusir tikus caranya adalah dengan melumuri bola kapas dengan cuka dan kemudian meletakkannya pada sarang tikus.

Cara Mengusir Tikus Di Sawah Dengan Ramuan

Saus Cabai Dan Deterjen

Saus Cabai Dan Deterjen

Ramuan pengusir tikus alami ini bisa anda buat dengan mudah. Anda bisa mencampurkan saus cabai, detergen, dan juga air. Setelah itu masukkan pada botol semprot, setelah itu semprotlah area atau tempat yang sering dilewati tikus.

Batang Brotowali

Batang Brotowali

Anda juga bisa memanfaatkan batang brotowali sebagai pengusir tikus. Caranya adalah rebus batang brotowali, kemudian ambil air hasil rebusannya. Kemudian masukkan ke dalam botol spray dan semprotkan ke area yang sering ada tikusnya.

Umbi Gadung

Umbi Gadung

Tikus dapat diusir dengan umbi gadung. Caranya adalah dengan merebus umbi gadung kemudian diambil sari rebusannya. Setelah itu masukkan pada botol semprot dan semprotkan pada tempat yang sering ada tikusnya.

Biji Dan Daun Jarak

Biji dan daun jarak juga bisa digunakan sebagai bahan pengusir tikus. Caranya adalah merebus keduanya dan diambil sarinya. Kemudian disemprotkan pada area yang sering ada tikusnya.
Getah Karet

Getah karet juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Caranya adalah dengan meletakkan getah karet pada lubang tikus atau tempat yang sering ada tikusnya.

Daun Kecubung

Daun Kecubung

Daun kecubung tidak hanya efektif untuk mengusir tikus, namun juga untuk membunuhnya. Caranya adalah menumbuk daun kecubung hingga halus kemudian meletakkannya di sekitar lubang tikus atau ke tempat yang sering dilalui tikus.

Kelemahan Tikus Curut

Tikus curut lemah terhadap bau yang menyengat. Jadi anda bisa meletakkan wewangian yang menyengat untuk mengusir tikus curut, seperti kamper, kapur barus, buah mengkudu dan lain-lain.

Apa yang Terjadi Ketika Tikus Kebun Dibasmi?

Memang tikus ini menjadi permasalahan tersendiri untuk anda yang memiliki kebun maupun persawahan. Mengapa demikian? Sudah jelas bahwa tanaman yang anda miliki akan dimakan oleh tikus.

Namun ketika tikus dibasmi, tentunya rantai makanan akan terganggu bahkan dapat merugikan apabila ular yang akan memangsa tikus tidak bisa memangsanya lagi. Sehingga ular ini pun akan memangsa yang lainnya seperti anak ayam yang manusia pelihara.

Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus

Tentunya ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar dapat menghilangkan bau dari bangkai tikus. Salah satunya adalah menggunakan penyerap bau. Nah, ketika anda menggunakan sesuatu agar dapat menyerap bau serta menahannya, maka anda akan bisa terbebas dari bau bangkai tikus yang menjijikkan.

1. Bubuk Kopi

Jika baunya tidak begitu buruk, anda dapat menggunakan bahan alami daripada menggunakan produk mahal. Tentunya anda bisa memanfaatkan bubuk kopi segar maupun bubuk kopi bekas.

Taburkan bubuk kopi tersebut di tempat bau bangkainya berasal. Kemudian biarkan hingga beberapa hari. Ketika baunya sudah hilang, maka jangan lupa untuk membersihkan bubuk kopinya.

2. Bawang

Selain itu, penyerap lain yang dapat anda gunakan adalah bawang. Anda bisa mengiris bawang ke dalam beberapa irisan, kemudian tempatkan di area bau.

Tinggal dibiarkan saja irisan bawang tersebut bekerja semalaman. Yang paling penting adalah ketika anda menggunakan irisan bawang atau bubuk kopi, anda perlu menjaga ventilasi pada area tersebut agar tetap aktif hingga beberapa hari setelahnya, kemudian anda dapat beralih untuk menggunakan pengharum ruangan.

3. Kombinasi Tiga Jenis Bahan Soklin Lantai Lavender, Downy Dan Cuka

Beli bahan 3 jenis merk ini yaitu soklin lantai juga downy, pilih aroma kesukaan dan botol spray semprot. Kemudian campur kedalam botol spray dan kasih air secukupnya.

Cara Menghilangkan Bau Bangkai Tikus

Semprot ke area bau menyengat bangkai tikus atau kencing, kotoran tikus. Apabila bau masih ada ketika kering semprotkan lagi ke tempat bau bangkai tikus tersebut.

Sudah pasti bahwa metode yang satu ini cukup mudah dilakukan oleh siapa saja, dan yang paling penting adalah anda tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak saat menghilangkan bau bangkai tikus ini.

Nah, demikianlah beberapa informasi yang perlu anda ketahui tentang tikus. Mulai dari ciri-ciri tikus, jenis tikus, makanan tikus, kecerdikan tikus, hingga cara mengusir tikus. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.