Ikan Air Tawar

Membudidayakan ikan merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan saat ini. Ikan air tawar merupakan salah satu jenis ikan yang paling cocok dibudidayakan. Selain karena proses perawatannya mudah, peminatnya di pasaran juga cukup tinggi.

Jadi membudidayakan ikan ini sangat cocok dijadikan untuk mendapatkan penghasilan. Indonesia sendiri sangat cocok dijadikan tempat untuk budidaya ikan.

Selain terdapat berbagai jenis ikan yang bisa dibudidayakan dengan mudah, mendapatkan pakan untuk ikan tersebut juga sangat mudah.

Oleh karena itu banyak masyarakat yang melakukan kegiatan budidaya sebagai pekerjaan sampingan atau pekerjaan utama. Pada artikel ini kami akan merangkum untuk anda, jenis ikan apa saja yang cocok untuk dibudidayakan serta cara budidayanya.

Ciri – Ciri Ikan Air Tawar

Yang disebut dengan ikan pada air tawar adalah jenis ikan yang sebagian besar hidupnya berada pada air tawar, atau jenis ikan yang habitatnya di dalam air tawar. Yang termasuk ke air tawar adalah seperti sungai atau danau.

Air tawar kadar garamnya tidak setinggi air laut, sehingga beberapa jenis ikan bisa beradaptasi dan berkembang biak dengan baik. Ciri – ciri ikan air tawar adalah sebagai berikut .

1. Struktur Tulang Atau Duri Lebih Halus

Salah satu ciri utama dari ikan tawar adalah struktur tulang atau duri pada ikan tersebut lebih halus. Oleh karena itu ikan jenis ini biasanya lebih gampang dikonsumsi dibanding ikan laut.

Hal ini karena ikan tawar biasanya hidup pada perairan yang lebih tenang sehingga tidak memerlukan banyak pergerakan di dalam air.

2. Ukuran Ginjal Lebih Besar

Ciri lain dari ikan tawar adalah ukuran ginjalnya jauh lebih besar dibanding ikan laut. Pada ikan tawar lebih banyak air yang masuk melewati ginjalnya. Oleh karena itu ukurannya jadi lebih besar dibanding ikan laut.

3. Aromanya Cenderung Amis Lumpur

Setiap ikan mengeluarkan bau amis, hanya saja bau amis yang dikeluarkan ikan tawar dan ikan laut juga sangat berbeda.

Pada ikan tawar bau amis yang dikeluarkan lebih mendekati bau lumpur, sedangkan pada ikan laut, bau amisnya lebih kepada bau air laut.

Jenis – Jenis Ikan Air Tawar yang Cocok Untuk Budidaya

Jika anda ingin membudidayakan ikan air tawar, maka harus diketahui terlebih dahulu jenis mana yang paling mudah perawatannya serta memiliki harga tinggi di pasaran. Berikut ini beberapa jenis ikan yang cocok dijadikan budidaya.

1. Gurame

Bisa dibilang bahwa ikan gurame merupakan jenis ikan tawar yang paling tinggi harganya di pasaran, karena ikan gurame sangat banyak peminatnya.

Ikan Gurame

Ikan gurame bentuknya pipih dan lebar serta memiliki sisik yang besar dan rapat. Ikan gurame tekstur dagingnya sangat lembut dan rasanya begitu gurih.

Oleh karena itu ikan jenis ini begitu cocok dijadikan santapan. Ikan gurame bisa dibudidayakan pada kolam terpal atau kolam beton kecil, dan makanannya cukup umbi – umbian saja.

Budidaya Ikan Gurame

 

2. Lele

Selain gurame, ikan lele juga menjadi salah satu ikan tawar yang juga banyak dibudidayakan. Ikan lele sendiri bisa dibilang yang paling mudah dibudidayakan diantara jenis ikan lainnya.

ikan lele

Masyarakat Indonesia sendiri juga sangat gemar mengkonsumsi ikan lele karena dagingnya gurih.

Ikan lele sangat mudah dibudidayakan serta pertumbuhannya juga cepat. Air tempat budidayanya juga tidak perlu dibuat terlalu bersih.

Ternak Lele

 

3. Mujair

Jenis ikan tawar lain yang juga mudah dibudidayakan adalah ikan mujaer. Ikan mujair sendiri bentuk tubuhnya pipih dan agak kecil serta sisiknya agak coklat kehitaman.

Ikan mujair

Ikan mujair memiliki bintik – bintik hitam pada tubuhnya dan bentuk sirip bawahnya lonjong. Ikan mujair mudah dibudidayakan serta perkembangannya juga cepat. Untuk pakannya sendiri bisa diberikan pellet atau umbi – umbian.

Budidaya Ikan Mujair

 

4. Nila

Ikan nila juga menjadi salah satu jenis ikan tawar yang banyak dibudidayakan. Ikan nilai sendiri bentuknya sangat mirip dengan ikan mujair sehingga banyak masyarakat menganggap bahwa kedua jenis ikan ini sama. Secara ukuran ikan nilai biasanya lebih besar dari mujair.

Ikan Nila

Selain itu pada corak badannya juga berbeda, corak pada nilai adalah garis – garis, sedangkan pada mujair memiliki corak bintik – bintik.

Cara paling mudah membedakan nila dan mujair adalah pada bagian ekornya. Ikan nila memiliki ekor bercorak merah, sedangkan pada mujair tidak ada. Dari segi habitat dan pakan, nila dan mujair tidak jauh berbeda.

Budidaya Ikan Nila

 

5. Patin

Ikan patin juga termasuk salah satu jenis ikan yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan patin sendiri rasanya sangat gurih dan lezat sehingga kebutuhan untuk ikan ini terus meningkat.

Ikan Patin

Budidaya ikan patin pasti menguntungkan karena pasaran Indonesia saat ini masih kekurangan ikan ini.

Agar bisa dibudidayakan dengan baik, sebaiknya dalam per meter kubik kolam hanya terdapat 20 sampai 30 ekor saja. Ikan patin ini bisa dipanen setelah 6 bulan pembesaran.

Budidaya Ikan Patin

 

6. Sidat

Ikan sidat juga termasuk salah satu ikan air tawar yang sangat mudah dibudidayakan. Ikan sidat bentuknya mirip seperti belut, yakni tubuhnya yang memanjang. Perbedaannya dengan belut adalah, ikan sidat memiliki sirip sedangkan belut tidak.

Ikan Patin

Ikan sidat juga memiliki tekstur daging yang empuk sehingga cocok dijadikan konsumsi. Ikan sidat pasarannya bahkan sudah mendunia.

Budidaya ikan ini bisa dilakukan di kolam terpal atau di kolam beton. Ikan sidat bisa diberi pakan pelet atau umbi – umbian, dan setelah mencapai usia 5 bulan, ikan ini sudah bisa langsung dipanen.

Budidaya Sidat

 

Apa Keuntungan Budidaya Ikan Air Tawar?

Budidaya ikan tawar jelas sangat menguntungkan karena ikan tawar menjadi salah satu konsumsi utama masyarakat Indonesia. Setiap tahunnya kebutuhan akan ikan air tawar terus meningkat, bahkan beberapa jenis ikan air tawar seperti Patin masih harus diimpor dari luar negeri untuk mencukupi kebutuhan pangan.

Oleh karena itu peluang bisnis budidaya ini masih sangat menjanjikan. Selain itu proses perawatannya juga sangat mudah, karena ikan air tawar pada umumnya bisa berkembang biak pada kolam sederhana saja. Untuk urusan pakannya saat ini sudah banyak pakan pellet yang bisa ditemukan di pasar.

Cara Memelihara Ikan Air Tawar Agar Sukses

Jika ingin berhasil dalam membudidayakan ikan air tawar maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

Yang pertama adalah kualitas air. Ikan tawar bisa berkembang biak dengan baik jika kualitas airnya baik dan sehat. Jadi air kolam perlu rutin diganti agar nantinya ikan bisa bertumbuh dan tidak terserang penyakit.

 

Yang kedua adalah pakan. Pakan harus dipilih yang paling berkualitas agar kebutuhan nutrisi ikan terpenuhi dan pertumbuhannya bisa berlangsung dengan cepat.

Tidak ada salahnya memberi pakan pellet, asalkan pellet yang diberi merupakan pellet berkualitas.

Jika kedua hal tersebut sudah terpenuhi dengan baik, maka dijamin budidaya ikan air tawar yang anda lakukan pasti sukses dan menguntungkan.