Kura Kura Darat

Sebagian besar dari kita menyukai hewan piaraan. Memiliki hewan piaraan adalah hal yang menyenangkan. Kita bisa bermain dengannya saat sedang luang dan untuk menghibur diri. Beberapa hewan piaraan yang menggemaskan dan banyak dipelihara diantaranya adalah burung, kelinci, dan kura-kura. Jenis kura-kura yang banyak dipelihara adalah kura-kura darat.

Kura-kura darat dari segi tampilannya sangat menarik dan indah. Mulai dari bentuknya yang bervariasi, dengan ukurannya yang kecil, sedang sampai besar. Yang membuatnya semakin menggemaskan adalah rumah atau cangkangnya yang indah yang memunculkan kesan artistik dan menjadikan kita semakin ingin memeliharanya.

Dengan kehadiran jenis kura-kura ini di kediaman masing-masing, Anda akan semakin terhibur. Tidak hanya itu, Anda pun akan bisa menggunakannya untuk bisnis dengan peminat kura-kura darat yang cukup tinggi. Tidak heran jika nantinya Anda akan mendapatkan profit yang besar dengan menjalankan bisnis kura-kura ini.

Makanan Kura-Kura Darat

Nah, ini adalah salah satu yang jadi pertanyaan banyak orang yang akan memelihara kura-kura darat di kediaman masing-masing. Apakah makanan kura-kura darat tersebut terjangkau dan bisa di buat atau diramu sendiri, atau justru sebaliknya, harus beli di luar dengan harga yang mahal. Makanan kura-kura darat diantaranya adalah:

1. Pepaya

Pepaya adalah makanan kura-kura yang mudah kita dapatkan. Kita bisa mendapatkannya di sekeliling kita atau di toko buah terdekat. Manfaat pepaya untuk kura-kura diantaranya adalah sebagai pelancar sistem pencernaan dan memberikan gizi yang cukup bagi hewan piaraan yang satu ini.

Kupas pepaya lalu belah menjadi empat bagian, cuci hingga bersih lalu letakkan di dekat hewan piaraan ini. Usahakan untuk memberikannya secukupnya saja.

2. Wortel

Selain papaya, wortel adalah makanan favorit kura-kura. Hewan piaraan ini memiliki rahang yang kuat sehingga mudah baginya untuk mengunyah wortel. Kenapa wortel cocok untuk kura-kura?

Diantaranya adalah karena mampu menampung karbohidrat dalam jumlah yang besar, tingginya kadar vitamin A, varian vitamin B, C, kalium, magnesium, zat besi, dan masih banyak lagi. Ini adalah jenis makanan kura-kura yang mudah didapatkan dengan harga yang relatif ekonomis.

3. Kangkung

Satu lagi makanan kura-kura yang ekonomis dan mudah di dapatkan adalah kangkung. Anda bisa mendapatkannya di penjual sayur keliling. Potong kecil-kecil kangkung tersebut sebelum memberikannya kepada hewan piaraan ini.

Oya, kangkung yang diberikan tidak perlu di rebus dulu ya. Cukup potong-potong dengan ukuran kecil saja lalu berikan kepada kura-kura.

4. Pisang

Jenis makanan kura-kura ini juga cukup mudah di dapatkan. Pisang adalah buah favorit yang banyak orang menyukainya. Buah yang satu ini adalah buah yang banyak sekali kandungan gizinya.

Dimana di dalamnya terdapat fosfor, kalium, magnesium, dan zat besi yang memberikan manfaat yang besar kepada kura-kura. Keunggulan buah yang satu ini adalah dari segi teksturnya lembut sehingga mudah di cerna kura-kura. Selain itu, buah yang satu ini mudah sekali di dapat.

Jenis Kura Kura Darat

1. Kura Kura Galapagos

Kura Kura Galapagos

Kura-kura darat yang satu ini seperti namanya berasal dari kepulauan Galapagos yang terletak di sebelah barat Ekuador. Ini adalah jenis kura-kura dengan ukuran yang sangat besar yang ada di dunia. Sayangnya, saat ini kura-kura ini tergolong langka dan masuk dalam kategori hewan yang dilindungi.

Baca Selengkapnya

 

2. Kura Kura Aldabra

Kura Kura Aldabra

Kura-kura aldabra adalah salah satu dari yang terbesar yang ada di dunia. Letaknya adalah di sebelah Samudra Hindia yang bernama Aldabra. Kura-kura ini hidup lebih kurang sejak 250 tahun yang lalu. Tampilannya sangat unik, yaitu dengan bentuk lehernya yang panjang hingga mencapai 1 meter.

Baca Selengkapnya

 

3. Kura Kura Sulcata

Kura Kura Sulcata

Kura-kura Sulcata adalah jenis kura-kura darat yang banyak dipelihara. Asalnya adalah dari Gurun Sahara, Afrika. Beratnya bisa mencapai 105 kg dengan panjang mencapai 83 cm. Usianya mencapai 70 tahun lho.

Baca Selengkapnya

 

4. Kura Kura Emys

Kura Kura Emys

Kura-kura Emys memiliki tampilan yang lucu. Ukurannya kecil atau tidak terlalu besar dengan tempurungnya yang mirip dengan army. Kura-kura ini masuk dalam kategori kura-kura yang banyak diminati lho!

Baca Selengkapnya

 

5. Kura Kura Forsteni

Kura Kura Forsteni

Satu lagi kura-kura yang lucu dengan ukuran sedang yang direkomendasikan untuk Anda. Kura-kura ini hadir dengan tempurung yang didominasi perpaduan warna hitam dan kuning yang indah.

Baca Selengkapnya

 

6. Kura Kura Pardalis

Kura Kura Pardalis

Nama lain dari kura-kura pardalis adalah kura-kura Leopard. Nama tersebut disematkan lantaran motif tubuh dan sekaligus cangkangnya yang mirip macan tutul. Saat muda, tempurungnya berwarna kuning dengan aksen bintik hitam, sedangkan saat tua berubah menjadi abu-abu.

Baca Selengkapnya
 

7. Kura Kura Cherry Head

Kura Kura Cherry Head

Sesuai dengan namanya kura kura satu ini memiliki ciri khas warna merah yang berada di bagian kepala sehingga mempunyai karakter beda dari kura kura yang lain yang umumnya berwarna hitam coklat muda ataupun putih.

Baca Selengkapnya

 

8.  Kura Kura Radiata

Kura Kura Radiata

Nah, ini lebih keren lagi seperti motif baju batik. Tempurung kura kura radiata mempunyai daya tarik tersendiri dari segi warna bentuk mempunyai pola yang terhubung. Tak hanya itu, bahkan dibalik badannya juga ada motif keren hehe.

Baca Selengkapnya

9. Kura Kura Matahari

Kura Kura Matahari

Kenapa kura kura yang satu ini dijuluki matahari, dari segi bentuk cangkang tempurung disetiap sisi seperti duri dan kayak bunga matahari iya kan hehe. Keindahan dari bentuk fisik inilah yang membuat banyak orang untuk memelihara sendiri dirumah.

Baca Selengkapnya

 

Harga Kura Kura Darat

Harga kura-kura darat cukup bervariasi tergantung jenis kura-kuranya. Perkiraan tersebut mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah sesuai dengan jenis kura-kura yang Anda butuhkan.

Cara Merawat Kura Kura Darat

Cara merawat kura-kura darat tentu saja dengan menyediakan kandang tidak menyediakan kandang yang senantiasa bersih. Kandang tersebut memiliki desain yang disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran kura-kura, bagian bawahnya dilapisi bebatuan, dengan pencahayaan yang pas dan sirkulasi udara yang mencukupi.

Tidak hanya itu, ruangannya pun di desain untuk istirahat dan untuk jalan-jalan seperti halnya saat kura-kura tersebut berada di tepian pantai. Selain kandang yang sesuai syarat, makanan yang cocok perlu disiapkan, diantaranya adalah papaya, pisang, kangkung, dan wortel dan masih banyak lagi.

Makanan Kura Kura Kecil / Baby

Makanan kura-kura kecil sedikit berbeda dengan makanan kura-kura dewasa. Kura-kura kecil biasanya memakan daging atau ikan kecil, serangga, cacing tanah, pelet kura-kura, buah dan sayur dengan cara pemberian yang sesuai petunjuk.

Kandang Kura Kura Darat

Kandang kura-kura darat dirancang dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan kura-kuranya. Kandang tersebut terbuat dari bahan seperti triplek dengan alas bebatuan kecil yang bersih seolah sedang berada di tepian pantai. Terdapat ventilasi, tempat istirahat dan tempat mengeksplor alam, dengan dukungan desain ruangan yang indah. Tidak hanya itu, untuk penerangan di malam hari, kandang kura-kura dilengkapi dengan lampu yang sesuai kebutuhan..

Kandang Kura Kura Darat

Cara Membuat Kandang Kura Kura Darat

Bagi Anda yang punya cukup waktu, akan lebih baik jika Anda membuat kandangnya sendiri dengan desain kandang yang menarik yang sesuai kebutuhan. Namun, jika dirasa terlalu ribet, banyak kok tempat pemesanan kandang kura-kura di lapak online besar seperti halnya di marketplace yang terkenal saat ini.

Kura-kura darat adalah salah satu hewan piaraan yang diminati oleh para pecinta binatang. Ada banyak jenis kura-kura darat yang lucu dengan ukuran yang bervariasi. Kura-kura adalah hewan piaraan dengan cara perawatan yang mudah.